• WEBSITE SMPN 3 BUKITTINGGI
  • AKREDITASI A & SEKOLAH ADIWIYATA NASIONAL 2019

Sikolah Bukittinggi Baralek Gadang

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Bukittinggi mengadakan “Sikolah Bukittinggi Baralek Gadang”, kegiatan di laksanakan di bawah gapura Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS SBK) simpang kangkuang jalan Sudirman pada Kamis 22 Juni 2023.

Sikolah Bukittinggi Baralek Gadang mengangkat tema,“Festival Talempong Pacik dan Padat Karya”. Ini merupakan wujud nyata dari visi kota Bukittinggi. Yaitu ciptakan Bukittinggi Hebat berlandaskan ABS SBK, yang diterjemahkan ke dalam muatan lokal pendidikan karakter budaya alam Minangkabau.

Kegiatan ini berada di bawah bimbingan Institut Seni  Indonesia (ISI) Padang Panjang  dan berlangsung semarak. Ratusan pelajar SD/MI dan SMP/MTS se-Kota Bukittinggi mengikuti Festival Talempong Pacik,  Panen Karya P5 dan Digitalisasi Implementasi ABS-BK ini.

SMP Negeri 3 sendiri, hadir dengan menu : Lapek Bugih 300 porsi, Goreng tapai dan Roti Tapai yang merupakan Panen Karya Siswa Kelas VII (P5).






Wali Kota Bukittinggi H. Erman Safar, SH mengapresiasi kegiatan ini. Dalam visi dan misinya, wako juga mengupayakan bagaimana mengenalkan budaya Minangkabau kepada generasi penerus sejak dini. Wali Kota Bukittinggi Erman Safar mengapresiasi kegiatan ini. Dalam visi dan misinya, wako juga mengupayakan bagaimana mengenalkan budaya Minangkabau kepada generasi penerus sejak dini.

“Dengan festival ini menjadi bukti bahwa Bukittinggi semakin siap menjadi kota pariwisata. Semua ekosistem wisata sudah siap menerima kunjungan wisatawan,” ujar Walikota. Dari beberapa penampilan Seni anak-anak sekolah Walikota memuji, dengan hanya belajar lebih kurang satu bulan mampu mempertontonkan atraksi kesenian seperti pencak silat.

“Ini tidak dilakukan oleh kota/kabupaten se Sumatera  Barat, mungkin hanya kota Bukittinggi yang berkolaborasi dengan seluruh sekolah,” kata Erman.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi Jeki, S.Kom, M.Si menjelaskan, festival ini merupakan wujud nyata dari visi menciptakan  Bukittinggi Hebat berlandaskan ABS SBK yang diimplementasikan dalam bentuk memainkan alat musik tradisional Minangkabau. Sebanyak 680 pelajar berhasil memainkan alat musik talempong dan alat musik lainnya. Proyek Profil Penguatan Pancasila merupakan implementasi Kurikulum Merdeka, tutupnya.

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Workshop Perencanaan Berbasis Data (PBD)

Kamis ,18 Januari 2024, SMP Negeri 3 Bukittinggi melaksanakan Workshop Perencanaan Berbasis Data (PBD). Kegiatan dihadiri oleh seluruh Guru dan Staf tata Usaha SMP Negeri 3 Bukitti

20/01/2024 13:42 - Oleh Wardi Akmal (pak_w) - Dilihat 154 kali
Workshop Pengisian E-Kinerja di PMM

SMP Negeri 3 Bukittinggi, Melakukan kegiatan Workshop pengisian SKP melalui e-kinerja di PMM, dalam kegiatan tersebut di pandu Kepala Sekolah Firman Adhani. S.Pd, dan Pematerinya oleh P

16/01/2024 14:00 - Oleh Wardi Akmal (pak_w) - Dilihat 181 kali
PASLON NO 2 : Rado & Najwa Raih 221 Suara pada Pemilihan Ketua OSIS Periode 2023-2024

Senin, 20 Februari 2023. Ki Hajar Dewantara (KHD) menjelaskan bahwa “Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodra

23/02/2023 17:52 - Oleh Wardi Akmal (pak_w) - Dilihat 569 kali