Download Free Templates http://bigtheme.net/ Websites Templates

Logo Sekolah

 

 

 MAKNA DAN ARTI LAMBANG

 

 1.    GARIS SEGI TIGA BERWARNA MERAH  DAN SAMA SISI

 Mempunyai makna :

Lembaga pendidikan yang diharapkan mampu melahirkan peserta didik yang :   1) Beriman, 2) Berilmu dan 3) Beramal.

  1. Lembaga pendidikan yang diharapkan mampu mengimplementasikan budaya dan adat-istiadat Minangkabau yang berkaitan dengan “Tigo Tungku Sajarangan (Alim-Ulama, Cerdik-Pandai dan Niniak-Mamak)”.
  2. Lembaga pendidikan yang berorientasi kepada : 1) Iman, 2) Islam dan 3) Ihsan.

 

2.    GAMBAR BAGIAN DALAM SEGITIGA YANG TERDIRI DARI 3 LAPISAN

Mempunyai makna :

 Peserta didik mempunyai masa dalam menempuh jenjang pendidikan selama 3 (tiga) tahapan, yaitu :

 a.    Tahapan 1 : Lapisan berwarna Merah Muda (Pink); artinya peserta didik masih berada pada jenjang pendidikan dasar, yang merupakan titik awal pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas

 b.    Tahapan 2 : Lapisan berwarna Hijau Muda; artinya peserta didik akan melanjutkan dan menempuh pendidikan ke jenjang Sekolah Menengah Lanjutan Atas,

 c.    Tahapan 3 : Lapisan berwarna Biru Muda; artinya peserta didik akan mencapai titik puncak dalam menempuh jenjang pendidikan formal pada tingkatan Perguruan Tinggi dan seterusnya.

 

  1. Artian tersirat bahwa peserta didik akan menyelesaikan pendidikan di tingkatan Sekolah Menengah Pertama secara normal selama 3 (tiga) tahun.
  2. Gambaran bahwa lembaga pendidikan ini berada pada lokasi yang strategis dan asri untuk lingkungan pendidikan yang bernuansa sejuk, indah, tenang, jauh dari kebisingan dan keramaian serta mampu membuat semua warga sekolah kerasan dan betah berada didalam lingkungannya.
  3. Secara naturalis menggambarkan keindahan alam ranah Minangkabau, Rahmat Allah Tuhan Yang Maha Kuasa, yang terdiri dari tanah nan subur yang membuat tanaman di atasnya tumbuh dan menjulang, perbukitan nan mempesona dengan segala kandungan kekayaan isi buminya serta langit yang cerah menggambarkan optimistis dari insan yang mendiaminya.

 

3.    SEBATANG POHON PINANG

Mempunyai makna :

1.    Lembaga pendidikan ini berada pada daerah yang bernama Bukik Pinang Sabatang, yang sekaligus diabadikan dan dipakai menjadi nama resmi sekolah ini.

2.    Daun pinang yang berjumlah 9 (sembilan) pelepah (helai) mempunyai arti bahwa angka dasar tertinggi dalam bilangan adalah angka 9 (sembilan), sehingga lembaga pendidikan ini mempunyai keinginan yang ambisius menjadikan peserta didiknya adalah peserta didik yang mampu mencapai kemaksimalan dalam : prestasi akademis (ilmu pengetahuan), menjalankan kehidupan beragama dan mempunyai akhlak serta budi pekerti yang mulia serta kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

3.    Buah pinang yang berjumlah 6 (enam) buah di sebelah kanan mempunyai makna bahwa peserta didik dan insan-insan pendidikan di sekolah adalah insan-insan yang meyakini dan menjalankan Rukun Iman dalam kehidupan sehari-hari sebagai insan yang beragama. Buah pinang disebelah kiri yang berjumlah 5 (lima) buah mempunyai makna bahwa peserta didik dan insan-insan pendidikan di sekolah adalah insan-insan yang melandaskan tindakan dan perbuatannya kepada Rukun Islam dalam kehidupan sehari-hari sebagai insan yang beragama.

4.    Batang pinang yang mempunyai ruas sejumlah 17 (tujuh belas) bagian mempunyai arti bahwa lembaga pendidikan ini sangat menghargai makna dan arti kemerdekaan bangsanya yang diperingati tiap tanggal 17 Agustus setiap tahunnya dan sudah merupakan kewajiban bagi lembaga ini untuk mendidik anak bangsa menjadi generasi penerus kejayaan, tidak hanya untuk masa sekarang tapi juga untuk masa yang akan datang. Dalam agama Islam, angka 17 juga mempunyai arti yang sangat penting yaitu turunnya ayat pertama Al-Qur’an pada tanggal 17 Ramadhan.

 

5.    PITA TERKEMBANG BERWARNA KUNING

Mempunyai makna :

  1. Peserta didik ibarat sehelai pita yang terpampang lebar untuk ditulisi dengan ilmu pengetahuan dunia dan akhirat yang merupakan tanggung jawab utama dari insan-insan pendidik dalam bentuk mendidik dan mengajar.
  2. Dalam konteks budaya dan adat-istiadat Minangkabau, warna kuning mempunyai makna “pendidikan”, yaitu warna untuk orang-orang yang tergolong kepada “kaum cerdik-pandai” atau cendikiawan.

 

6.    TULISAN SMP NEGERI 3 BUKIK PINANG SABATANG

Mempunyai makna :

  1. Identitas dan jati diri dari lembaga pendidikan ini, yang diharapkan mampu untuk menjalankan tugas, amanah dan tanggung jawab sebagai lembaga pendidikan yang dapat dirasakan keberadaannya oleh semua lapisan masyarakat dengan mengacu kepada Wawasan Wiyatamandala sebagai sarana Ketahanan Sekolah yang bersinergi antara yang satu dengan yang lainnya, yaitu : Sekolah, Orang Tua, Masyarakat serta Pemerintah.
  2. Sebagai lembaga pendidikan yang sarat dengan makna sejarah; tidak hanya dari lokasi tempatnya berada tapi juga dari asal-muasal penamaan daerahnya.

 

Print Email